• Posted by : Ridwanaji Minggu, 18 November 2018

    Baik berbicara dengan orang jepang  dan negara jepang apa yang terlintas di benak anda sobat blogging.  mungkin dibenak anda adalah negara jepang adalah negara yang makmur, maju dan kompetitif di dunia yap jawaban anda tidak salah.  dari sifat sifat tersebut masih sangat banyak sifat dan perilaku orang jepang yang patut ditiru bangsa indonesia  jika ingin sukses dan berhasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut sifat dan perilaku orang jepang yang patu kita tiru dan teladani agar Indonesia bisa sukses dan maju .


    1.Harga Diri



    Ya sifat pertama yang patut kita contoh dari orang-orang jepang adalah orang jepang memiliki harga diri tinggi. Kenapa harga diri tinggi itu penting karena denganharga diri kita dapat memperjuangakan hal yang kita anggap benar dan baik. Sebuah kisah yang sangat hebat dari orang jepang menurut saya yaitu ketika negara jepang terkena tsunami silam yaitu rumah-rumah di jepang hancur luluh lantah dan saat itu pemerintah jepang hendak memberika material untuk membangun rumah warga yang sudah hancur tetapi apa yang dikatakan oleh masyarakat jepang mereka menolak bantuan pemerintah dan berkata kami masih mampu dan kuat untuk membangun rumah dan harta benda kami yang sudah hancur dan biarlah dana tersebut lebih baik digunakan untuk mendanai fasilitas dan prasarana negara jepang. sungguh hal yang patut di contohkan yaitu metreka memiliki harga diri yang sangat tinggi alhasil dalam waktu sebentar saja negara jepang dapat bangkit lagi dengan cepat.




    2.Kerja Keras 



    Ya kerja keras orang-orang jepang identik dengan kerja keras dalam setiap pekerjaan yang di geluti negara jepang juga dikenal sebagai negara workholic yaitu orang-orangnya sangat bekerja keras dalam bekerja dan berkarya.




    3.Percaya Diri



     Orang-orang jepang memiliki sifat percaya pada dirinya mereka sendiri mereka percaya . bahwa mereka berfikir bisa maka ia akan bisa. hal itu terlihat dari berbagai film dan anime dari jepang yang mencerminkan sifat orang jepang yaitu pemeran utamanya memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan tapi ia percaya bahwa ia bisa dan menjadi pemenang.




    4.Malu



    Malu ya dalam islam malu juga sangat penting dan orang  orang jepang sudah menerapkan budaya malu yaitu malu dalam artian positif   seperti malu mencuri , malu korupsi dan lain sebagainya. tak heran jika para koruptor jepang yang ketahuan Korupsi maka ia akan memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Tak seperti di Indonesia udah korupsi palahan di televisi melambai-lambaikan tangan smabil cengengesan.




    5. Setia pada negara



    Sifat yang kelima yang patut bangsa Indonesia tiru dari orang jepang ialah setia pada negara hal ini terbukti dari perjuangan perang dunia 2 dimana prajurit jepang memimilih mati demi negara ketika ditangkap sekutu.




    6. Jujur



    Orang orang jepang memiliki budaya jujur dalam menjalankan tugas dan kewajiban nya




    7. Bekerja Sama



    Orang orang jepang memiliki rasa bekerja sama tinggi hal itu terbukti dari penemuan penemuan orang jepang yang diciptakan secara bersama-sama atau berkelompok.




    8.Mandiri



    Mandiri itu lah ciri khas dari orang jepang dimana mereka selalu bersifat mandiri. hal itu dapat dilihat dari anak anak jepang yang sudah dari kecil mebwa bekal bento. dan saat sudah beranjak dewasa remaja jepang cenderung membiyayai biya sekolah dan kuliah sendiri dengan kerja paruh watu.




    9.Menghargai warisan budaya dan adat



     Sudah tiidk menjadi rahasia lagi bahwa masyarakat jepang sangat mencintai warisan budaya dan senantiasa melestarikan ada dan istiadatnya  hal itu terbukti dari masyarakat jepang yang sangat mencintai budaya nya dan terlihat di berbagai film maupun anime yang mengambil latar warisan dan kebudyaan jepang.




    10. Membaca dan haus akan ilmu



    masyarakat jepang sangat haus akan ilmu pengetahuan dan budaya bacanya yang sangat terkenal hal itu dapat dilihat dari remaja sampai orang tua di kereta api jepang yang memanfaatkan waktunya untuk seantiasa membaca walaupun ketika di kendaraan umum.




    11.Berinovasi



    Negara jepang di pandang sebagai negara yang paling sering menemukan penemmuan penemuan spektakuller tetapi perlu diperhatikan bahwa penemuan tersebut sudah ditemukan oleh negara asing tetatpi masyarakat jepang dapat memoles penemuan itu dan memperbaharunya sehingga lebih bernilai.

    Demikian adalah beberapa sifat dan perilaku yang harus dan wajib di tiru bangsa dan masyarakat Indonesia agar bisa maju dan berjaya.

    sumber : www.jooinfoo.com

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Just for Share Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan