• Posted by : Ridwanaji Minggu, 18 November 2018




    Catnip adalah tanaman semak yang tumbuh liar di beberapa daerah seperti Eurasia dan Amerika Utara. Nama latin Catnip adalah Nepeta cataria. Catnip termasuk keluarga tumbuhan mint. Terlihat dari bau mint (menthol) yang disebarkannya. 

    Tidak semua kucing terpengaruh Catnip. Sekitar 20 % kucing tidak terpengaruh Catnip. Ini berhubungan dengan genetik dan keturunan. Jika salah satu induk kucing (ibu atau bapaknya) terpengaruh catnip, biasanya anaknya pun akan terpengaruh Catnip. Sebagian kecil populasi kucing menjadi lebih agresif bila diberi catnip. Hal ini biasanya terjadi pada kucing jantan.

    Catnip mengandung senyawa kimia yang disebut nepetalactone. Senyawa ini terkonsentrasi di batang dan daun. Senyawa inilah yang bertanggung jawab terhadap perubahan tingkah laku kucing. Seekor kucing. Biasanya akan mendekati tanaman catnip, mengendus kemudian mualai menjilati dan mengunyahnya. Ia akan menggosok-gosokkan dagu, kepala dan badannya ke semak catnip secara berulang-ulang. Kemudian kucing tersebut menggoyang-goyangkan kepalanya, mengeong dan mendengkur keras serta berguling-guling.

    Catnip dan Anting-anting, Tanaman Yang Membuat Kucing "Teler".

    Pengaruh catnip pada kucing mirip dengan pengaruh ectasy pada manusia. Tetapi catnip tidak menyebabkan ketergantungan pada kucing. Setelah efek catnip berakhir kucing kembali seperti sedia kala tanpa ada tanda-tanda sakit. Efek catnip berlangsung selama kurang lebih lima belas menit. Setelah pengaruh catnip hilang, kucing kembali cuek seperti semula. Baru sekitar satu jam kemudian kucing dapat terpengaruh bila diberi catnip lagi. Catnip yang diberikan sebelum satu jam biasanya tidak akan berpengaruh banyak.

    Selain Catnip, ada juga tanaman lain yang diketahui berpengaruh terhadap kucing, yaitu Valerian (Valeriana officinalis ) dan Actinidia polygama. Catnip tidak berbahaya bagi kucing. Tumbuhan ini sudah sejak lama dijadikan obat. Beberapa penyakit yang diketahui dapat disembuhkan Catnip adalah gangguan lambung, kembung, meringankan sakit gigi, gelisah/gangguan syaraf, cacar,flu dan batuk

    EFEK PADA MANUSIAKarena banyak yang berpikiran jorok, nih saya tambahin efek catnip dan anting-anting pada manusia

    Apakah diambil secara oral atau dioleskan, herbal catnip menyediakan berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa efek positif catnip:

    1. Meredakan Serangan Kecemasan
    Minum secangkir teh catnip menjadi salah satu cara terbaik mengendalikan kecemasan. Efek menenangkan pada pikiran dan tubuh yang dimiliki catnip amat bermanfaat untuk mengatasi kecemasan. Tanaman ini mengandung zat yang dikenal sebagai nepetalactone yang bertindak sebagai relaksan. Kapsul dan teh catnip juga efektif merawat pasien dengan gangguan kegelisahan, stres atau depresi.

    2. Meredakan Insomnia
    Efek catnip pada manusia tidak terbatas pada menyembuhkan gangguan mental tetapi juga gangguan tidur seperti insomnia. Secangkir teh catnip diyakini bisa membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik. Teh catnip memberikan efek relaksasi yang membantu menginduksi tidur. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tidur berkualitas, minumlah teh catnip sebelum tidur.

    3. Mengurangi Masalah Pernapasan
    Orang yang menderita flu lazim mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini bisa diringankan menggunakan teh catnip. Herbal ini memiliki fungsi sebagai dekongestan alami dan mampu mengurangi sesak pada dada. Catnip juga bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan yang berhubungan dengan gangguan pernapasan seperti bronkitis dan asma.

    4. Obat Sakit Gigi
    Anda dapat menggunakan daun catnip untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan sakit gigi. Letakkan daun catnip tumbuk pada gusi untuk meredakan nyeri gigi. Mengunyah daun tanaman ini merupakan metode lain yang bisa dilakukan.

    5. Meredakan Nyeri Perut
    Ketidaknyamanan perut umum dirasakan pada orang yang menderita kembung dan diare. Untuk meringankan sakit perut yang berhubungan dengan gangguan pencernaan, penggunaan suplemen catnip jelas merupakan suatu pilihan baik. Catnip membantu melepaskan gas yang terperangkap dalam usus. Mengambil teh catnip setelah makan juga dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan.

    6. Menyembuhkan Luka
    Daun catnip yang diletakkkan diatas luka bisa membantu menghentikan pendarahan. Dengan kata lain, aplikasi topikal dari herbal catnip sangat membantu untuk menyembuhkan luka.

    7. Meringankan Gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)
    Mereka yang mengalami IBS bisa mengkonsumsi teh catnip untuk meredakan sakit perut dan susah buang air besar.

    Cara Membuat Catnip Tea
    Tambahkan 3 sendok teh catnip segar atau 1-2 sendok teh bunga kering dan daun catnip pada secangkir air panas.
    Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian tambahkan sedikit madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa.
    Hindari menggunakan air mendidih karena dapat merusak sifat obat herbal.
    Teh catnip bisa dikonsumsi antara 1 hingga 2 cangkir setiap harinya. Jangan ambil berlebihan untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul.

    Perlu diperhatikan bahwa wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi teh catnip dalam bentuk apapun karena berpotensi menginduksi kontraksi rahim yang memicu keguguran.

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Just for Share Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan