• Posted by : Ridwanaji Minggu, 11 Maret 2018

    Apa itu Human-Computer Interaction (HCI)?




    Human-Computer Interaction (HCI) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan teknologi komputer dan, khususnya, interaksi antara manusia (pengguna) dan komputer. Ini mencakup beberapa disiplin ilmu, seperti ilmu komputer, sains kognitif, dan teknik faktor manusia. Sementara pada awalnya berkaitan dengan komputer, HCI telah berkembang untuk mencakup hampir semua bentuk desain teknologi informasi.

    HCI muncul di tahun 1980an. Itu adalah instrumen penting dalam mempopulerkan gagasan bahwa interaksi antara komputer dan pengguna harus menyerupai dialog manusia-manusia dan terbuka. Ini pada awalnya berfokus pada penggunaan pengetahuan dalam ilmu kognitif dan komputer untuk meningkatkan kegunaan komputer (yaitu, berkonsentrasi pada seberapa mudah komputer belajar dan menggunakannya). Namun, sejak saat itu - dan berkat kemunculan teknologi seperti Internet dan smartphone - telah terus mencakup lebih banyak bidang (termasuk visualisasi informasi, komputasi sosial, dll.). Relevansi HCI pada abad ke-21 sangat terlihat dalam terobosan mode interaktivitas baru, yaitu voice user interfaces (VUIs).

    Dalam banyak hal, HCI adalah pendahulu yang akan tumbuh menjadi apa yang sekarang kita sebut "Desain Pengalaman Pengguna (UX)." Meskipun begitu, beberapa perbedaan tetap ada antara desain HCI dan UX. Praktisi HCI cenderung lebih fokus secara akademis , dan terlibat dalam penelitian ilmiah dan mengembangkan pemahaman empiris pengguna. Perancang UX, di sisi lain, cenderung berfokus pada industri , dan kebanyakan perancang UX terlibat dalam membangun produk atau layanan - misalnya, aplikasi smartphone atau situs web. Terlepas dari perbedaan ini, pertimbangan praktis untuk produk yang perancang UX memperhatikan diri mereka sendiri memiliki kaitan langsung dengan temuan spesialis HCI mengenai pola pikir pengguna. Karena ini, tidak ada gunanya memisahkan alam ini sampai batas tertentu


    Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer

    Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer
    -Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
    -Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
    -Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.

    Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah

    -Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
    -Metode implementasi antarmuka.
    -Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
    -Pengembangan antarmuka baru.
    -Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.

    Contoh

    Dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indra digunakan untuk dapat berinteraksi----: Manusia mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan terus di Internet.[4] Audio konten juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.

    Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi.[4] Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk komunikasi dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita.


    Media antarmuka manusia dan komputer

    -Media Tekstual
    Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.

    -Media GUI (Graphical User Interface)
    Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).

    Tujuan interaksi manusia dengan komputer

    Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
    untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah atau memiliki nama yang salah. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
    Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Just for Share Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan