• Posted by : Ridwanaji Jumat, 14 Agustus 2015

    Bagi mahasiswa terbuka lebar di depan mata. Bagi kamu yang duduk di bangku kuliah tentunya ingin mendapatkan uang saku tambahan dengan pekerjaan sederhana. Banyak sekali terdapat peluang usaha bagi mahasiswa, khususnya bagi kamu yang memang mempunyai bakat bisnis dan akan masuk ke dunia bisnis nantinya. Pelajari teorinya saat kuliah dan aplikasikan ke dunia nyata di saat waktu luang.
    Namun, ternyata tak sedikit dari mahasiswa yang akhirnya tidak melanjutkan kuliahnya karena kesibukan bisnisnya. Untuk itu, kami sajikan 8 ide bisnis pilihan yang menarik dan bisa kamu jalankan tanpa mengganggu aktifitas kuliah.

    1. Jasa Print dan Pengetikan

    Jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu alternatif bisnis yang masih dan selalu menjanjikan bagi buat mahasiswa. Terlebih lagi kalau kamu tinggal atau kost di seputaran lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat menjanjikan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan. Tugas dari dosen, makalah, sampai skripsi semuanya membutuhkan bantuan jasa ini. Kenyataannya, dibanding mencetak tugas sendiri, saat ini masih lebih banyak mahasiswa yang memilih menggunakan jasa print dan pengetikan untuk memehuhi kebutuhan mereka.
    Tips: Gak perlu sewa toko untuk  BISNIS ini. Cukup sediakan space sedikit di kamar kostmu. Usahakan jam buka tokomu mulai dari sore sampai malam saja. Jika tugasmu tak bisa diajak berkompromi, tak ada salahnya untuk tutup semalam saja.



    2. Bimbingan Belajar atau Les Privat

    Kamu mahasiswa berprestasi atau mahasiswa yang dapat beasiswa? Atau kamu mahasiswa jurusan pendidikan atau keguruan? Tepat sekali! Bimbel atau les privat lah bisnis yang cocok buat kamu. Mulailah menjadi guru privat dan beri bimbingan untuk murid SD hingga SMA. Mata pelajaran yang diberi tergantung pada kemampuan kamu. Misalnya saja kamu kuliah di jurusan eksak atau science, berarti kamu bisa mengajar di mata pelajaran biologi, kimia atau fisika.
    Tips: Sebagai tahap awal, alangkah baiknya kamu mendaftarkan diri sebagai pengajar lepas di bimbingan belajar atau les privat terdekat. Hal ini dilakukan agar kamu paham sistem manajemen dan pemasaran dari bimbel / les tersebut. Setelah kamu mulai paham alurnya, barulah coba untuk buka les privat dengan menawarkannya pada orang yang kamu kenal. Sebisa mungkin kamulah yang mengatur jadwal privat atau bimbel, agar tidak mengganggu jam kuliah.

    3. Tour and Travel

    Bagi kamu yang suka dengan wisata alam ataupun melakukan perjalanan jauh, serta punya bakat dalam merencanakan perjalanan, kumpulkan mahasiswa lain dan buatlah paket wisata ke luar negeri ataupun wisata lokal untuk liburan. Bisnis mahasiswa ini bisa menguntungkan kamu. Selain bisa dapat keuntungan berupa uang, juga dapat ikut merasakan liburan sambil wisata. Yang lebih menyenangkannya lagi, biasanya bisnis tour dan travel ini ramai pada momen liburan, sehingga bisa dipastikan tidak akan mengganggu kuliahmu.
    Tips: Sebagai tahap awal, kamu harus perluas koneksi kamu dengan berbagai pihak yang terkait, seperti: jasa penyedia travel yang sudah mapan, venue penginapan, penyedia paket wisata, dsb. Sediakan paket-paket sederhana dan anti mainstream. Kalau kamu merasa terlalu rumit, kamu bisa memulainya sebagai agen atau marketer. Dari situ barulah bisa belajar secara bertahap.

    4. Jasa Penginstalan Aplikasi danUpdate Software

    Kalau kamu punya hobi yang berhubungan dengan hal ini, kamu bisa memanfaatkanya menjadi sebuah bisnis yang bisa menguntungkan kamu. Kamu bisa promosikan penginstalan beberapa aplikasi yang cukup banyak dipakai di jaman sekarang seperti photoshop, coreldraw, dan office (word, excel, powerpoint) serta dapat mengupdate software laptop seperti windows 7 dan windows 8.
    Tips: Promosikan bisnis kamu dengan menyebar flyer / brosur di seluruh kampus. Jangan lupa untuk pasang alamat kost dan nomor hp kamu. Lakukan penginstalan di malam hari saja, agar nggak mengganggu aktifitas kuliahmu. Kenakan charge tambahan untuk penginstallan di tempat klien.

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Just for Share Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan