• Posted by : Ridwanaji Jumat, 14 Agustus 2015

    Dari pengumuman hasil Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2014 ini, program studi di bidang komputer, termasuk 3 besar dari program studi yang paling dininati oleh para siswa kelas 3 SMA jurusan IPA, yang paling banyak peminatnya nomor satu adalah program studi di bidang Manajemen. Lalu nomor urut dua adalah bidang akuntansi, dan bidang komputer menempati nomor urut ke tiga paling diminati. Tetapi bila ditinjau dari sudut jurusan IPA di SMA, maka peminat program studi di bidang komputer ini menduduki nomor urut satu. Untuk program Studi Teknik dan Kedokteran, tahun ini peminatnya malah cenderung berkurang.
    Dengan makin banyaknya peminat dalam bidang komputer tersebut, menyebabkan persaingan di dalam memilih program studi dalam bidang komputer tersebut semakin ketat. Terbukti, dalam setiap sekolah di mana para siswanya banyak yang beminat untuk memilih program studi di bidang komputer tersebut, hanya ada satu atau dua siswa saja yang dapat lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang baru saja diumumkan pada awal Juni kemarin. Padahal peminat program studi di bidang komputer tersebut terdiri dari siswa-siswi yang cerdas dan memiliki nilai raport rata-rata 8,5 ke atas.
    Tidak diterimanya mereka masuk melalui SMPTN 2014 tersebut, karena dari tiap-tiap Perguruan Tinggi Negeri yang membuka program studi di bidang komputer itu persaingannya sangat ketat. Yakni hanya 1,8% sampai dengan 4,8% saja dari daya tampungnya. Akibatnya, panitia SNMPTN harus kerja keras untuk menyeleksi dan mutuskan para siswa dari setiap sekolah yang layak untuk diterima dalam program studi di bidang komputer melalui jalur SNMPTN tersebut.
    Tentu ada alasan yang menyebabkan banyaknya peminat dalam bidang komputer tersebut. Ketika disebutkan "dalam bidang komputer", tentu hal itu merujuk pada Information and Communication Technologies atau disingkat dengan ICT dan dikenal dengan istilah TIK, yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sedangkan populernya disebut "IT" saja. Dan yang dimaksudkan program studi dalam bidang komputer, adalah Program Studi dengan sebutan di berbagai perguruan tinggi adalah Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan sebagainya. Tentu ada perbedaan penekanan dalam kompetensinya. Tetapi semuanya bermuara pada pembekalan kompetensi di bidang komputer.
    Berikut ini beberapa alasan yang mendorong para sisa SMA untuk lebih memilih program studi tersebut:
    1. Mereka lahir, hadir dan dibesarkan di tengah-tengah maraknya penggunaan teknologi informasi. Dari mulai bangun tidur, bermain, belajar dan seterusnya – kehidupan mereka saat ini tidak pernah lepas dari penggunaan IT. Tentu hal ini dapat memengaruhi minat dan keingintahuan mereka lebih dalam lagi bagaima cara membuatnya, misalnya. Apalagi generasi di atasnya, rata-rata belum begitu melek tentang IT, sehingga ada sebuah kebanggaan apabila mereka yang masih muda-muda sudah jago di bidang IT.
    2. Tenaga IT di Indonesia saat ini masih sangat sedikit. Sebuah fakta menyebutkan bahwa Indonesia masih membutuhkan kurang lebih 100-an ribu tenaga IT lulusan dari program studi di bidang komputer. Dengan demikian, tidak heran kalau tenaga IT profesional di Indonesia ini sangatlah dibutuhkan dan tentu akan dibayar dengan gaji yang tidak sedikit. Besarnya gaji seorang IT yang profesional dan mumpuni, bisa jadi dapat melebihi gaji seorang direkturnya. Hal ini disebabkan, karena peranan seorang IT di sebuah perusahaan sangatlah vital. Misalnya IT di perusahaan perbankan. Apabila SDM IT di perusahaan tersebut berulah dan tidak bekerja dengan baik, maka semua sistem perbankannya juga tidak dapat berfungsi dengan benar, akibatnya perusahaan perbankan tersebut akan lumpuh.
    3. Bisa bekerja di mana saja. Sarjana lulusan di bidang komputer ini akan sangat gampang mencari pekerjaan, karena kebutuhannya memang sangat tinggi. Penyebab kebutuhan SDM di bidang IT itu sangat tinggi, karena saat ini tidak ada perusahaan yang bisa lepas dari penggunaan IT. Artinya, perusahaan di bidang apapun, baik perusahaan kecil – apalagi perusahaan besar akan selalu menggunakan dan adanya ketergantungan dengan IT. Mulai dari membangun jaringan, membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan tersebut sampai kepada pemeliharaannya. Yang kesemuanya akan sangat tergantung dengan SDM yang kompeten di bidang IT.
    Hebatnya lagi, SDM di bidang IT ini telah menggunakan bahasa yang sama, yaitu bahasa pemrograman – yang sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki aplikasi komputer. Dengan semikian, SDM di bidang IT ini juga dapat dengan leluasa bekerja di manapun, baik di dalam ataupun ke luar negeri.
    1. Sarjana di bidang komputer, tidak hanya bisa menjadi seorang pekerja, tetapi ia juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri. Para lulusan IT, jika didukung dengan kemampuan berwirausaha yang cukup, akan jadi bekal yang sangat potensial untuk menjadi pengusaha yang sukses. Hal ini didukung oleh fakta bahwa saat ini produk – produk IT buatan dalam negeri masih sangat sedikit, dan ini menjadi peluang usaha yang sangat besar bagi mereka. Pasar tentu saja akan lebih memilih untuk membeli program – program buatan dalam negeri yang jauh lebih murah dengan kualitas yang tidak jauh beda dengan produk – produk luar negeri.
    Itulah beberapa catatan singkat, yang menyebabkan mereka lebih memilih program studi di bidang komputer. Sebuah alasan yang sangat logis dan dapat dipertanggungjawabkan.
    Drs. Mgs Hendri, M.M
    Dosen Pengajar
    STT Terpadu Nurul Fikri

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Just for Share Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan